Bertepatan Peringatan Hari Sumpah Pemuda, Radio Pasar Mulai Siaran Ujicoba

0
55
Siaran ujicoba Radio Pasar dengan melakukan talkshow yang menghadirkan narasumber Direktur Teknik Usaha PD Pasar Surya Suhendro.

SURABAYA – Salah satu program 100 hari kerja direksi Perusahaan Daerah (PD) Pasar Surya yang dipaparkan di hadapan Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi 28 September 2022 lalu adalah mengoperasionalkan radio pasar. Nah, bertepatan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda, XChannel Radio Pasar Surabaya dilakukan siaran ujicoba, Jumat (28/10).

Siaran tersebut dilakukan Direktur Teknik Usaha PD Pasar Surya Suhendro. Ia mengudara selama satu jam dalam program talkshow.

Dalam siaran ujicoba itu, Suhendro memaparkan tentang pasar-pasar ikonik. Misalnya, ia menjelaskan banyak kuliner enak di pasar di bawah pengelolaan PD Pasar Surya. “Mungkin masyarakat banyak yang belum tahu. Dengan adanya Radio Pasar ini, kami berharap bisa mengangkat potensi-potensi untuk meningkatkan perekonomian di pasar tradisional,” ungkapnya.

Menurut dia, Radio Pasar digadang tidak hanya sebagai media hiburan, komunikasi dan informasi. Lebih dari itu, pihaknya berharap Radio Pasar juga akan menjadi media promosi bagi para pedagang dalam naungan PD Pasar Surya.

“Saatnya perekonomian bangkit. Saatnya pedagang di pasar tradisional naik kelas,” lanjutnya.

Karena itu, ia mengajak masyarakat untuk meramaikan, mengunjungi dan kembali berbelanja di pasar tradisional. “Mari mari berbelanja di pasar rakyat, mari belanja di pasar tradisional. Harga komoditinya pasti lebih murah,” ajak pria berkacamata ini.

Untuk diketahui, Radio Pasar ini bakal mengudara 24 jam nonstop. Radio ini akan dapat didengarkan oleh para pedagang di pasar-pasar. Sebab di sejumlah pasar sudah dipasangi pengeras suara.

Namun sementara ini memang belum semua pasar terpasang speaker. “Secara bertahap nanti akan dipasang,” ujar Suhendro.

Secara terpisah, Direktur Utama PD Pasar Surya Agus Priyo menambahkan Radio Pasar ini yang membedakan dengan radio lain adalah segmennya. Sesuai dengan namanya, Radio Pasar akan mengudara dengan segmen pasar. Misalnya, tentang monitoring harga bahan pokok penting (bapokting).

“Melalui radio ini sekaligus bisa menjadi media promosi bagi UMKM Surabaya untuk memasarkan produknya,” terangnya.

Dikatakan, di Radio Pasar ini diharapkan ada komunikasi baik PD Pasar Surya dengan pedagang, atau sesama pedagang pasar antar pasar.

“Bisa saling sapa, atau saling kirim lagu,” terangnya.

Sementara itu Broadcast Manager XChannel Radio Grup Yosi Yosua mengatakan Radio Pasar akan memberikan informasi tentang dunia perpasaran, terutama pasar tradisional. Salah satu program yang dikonsep adalah memberikan sajian data tentang harga komoditi (bapokting) yang update per hari.

“Nantinya juga akan ada dialog interaktif atau talkshow yang menghadirkan pengelola, kepala pasar atau tokoh pedagang,” katanya.

Bahkan, Radio Pasar juga akan mengudara dari pasar-pasar. Konsepnya, siaran akan dilakukan bukan dari studio, melainkan memboyong studio mini ke pasar. “Tapi itu masih perlu persiapan lagi,” ujar Yosi. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here