Perumda Pasar Bauntung Batuah Kabupaten Banjar Kalsel Kunjungan Kerja ke PD Pasar Surya

0
57
Dari kiri: Direktur Utama Perumda Pasar Bauntung Batuah Kabupaten Banjar Rudiansyah, Direktur Utama PD Pasar Surya Agus Priyo dan Wakil Bupati Banjar Kalimantan Selatan (Kalsel) Habib Said Idrus Al Habsyi.

SURABAYA – Setelah menerima kunjungan kerja dari Perumda Pasar Sewakadarma, Kota Denpasar, Bali pada 3 Oktober 2022 lalu, Perusahaan Daerah (PD) Pasar Surya kembali kedatangan tamu. Kali ini dari Wakil Bupati Banjar Kalimantan Selatan (Kalsel) Habib Said Idrus Al Habsyi dan Direktur Utama (Dirut) Perumda Pasar Bauntung Batuah Kabupaten Banjar, Rudiansyah, Kamis (6/10).

Dalam kunjungannya ini, Wakil Bupati Banjar Habib Said Idrus Al Habsyi dan Dirut Perumda Pasar Bauntung Batuah Kabupaten Banjar Rudiansyah melakukan studi banding pengelolaan pasar. Pengelolaan yang dimaksud tentang penggalian potensi untuk meningkatkan pendapatan.

Wabup H Said Idrus mengatakan di wilayahnya memiliki lima Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). Masing-masing bergerak di bidang air, pasar dan perbankan. Sedangkan dua BUMD lainnya di bidang pertambangan batu bara.

“Terkait dengan pengelolaan pasar, kami sudah 22 tahun mengelola pasar,” ungkapnya.

Ia menyatakan jumlah pasar yang dikelola Perumda Pasar Bauntung Batuah lebih sedikit dibandingkan yang dikelola PD Pasar Surya. Disebutkan, Perumda Pasar Bauntung Batuah mengelola 16 pasar yang tersebar di 20 kecamatan.

Menurutnya, kedatangan ke PD Pasar Surya adalah untuk sharing dan studi banding. “Kami ingin mendapatkan informasi bagaimana dapat meningkatkan pelayanan dan pendapatan perpasaran agar bisa menyumbang PAD (Pendapatan Asli Daerah (PAD),” terusnya.

Sedangkan Dirut Perumda Pasar Bauntung Batuah Rudiansyah menyatakan pihaknya ingin berkolaborasi dengan PD Pasar Surya. Ia menerangkan pihaknya ingin mempelajari, mengetahui dan menjajaki, apakah apa yang diterapkan di PD Pasar Surya bisa diterapkan pula di Perumda Pasar Bauntung Batuah.

“Sebagai Perumda, kami lebih menekankan pelayanan. Tetapi tentunya kami juga diminta menyumbang PAD,” jelasnya.

Ia menceritakan yang menjadi perbedaan pasar yang dikelolanya dengan pasar yang dikelola PD Pasar Surya adalah jam operasional pasar. Dijelaskan, dari 16 pasar yang dikelolanya, empat di antaranya beraktifitas setiap hari. Sedangkan 12 lainnya adalah pasar mingguan.

Namun ia menyatakan pihaknya tertarik dengan konsep pengelolaan sampah yang kini sedang digagas PD Pasar Surya. Yakni, selain dibawa ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA), ada sampah yang dikerjasamakan dengan pihak ketiga untuk diolah menjadi kompos, magot dan dijadikan sumber energi.

Di akhir, ia juga berharap ada kerja sama antara Perumda Pasar Bauntung Batuah dengan PD Pasar Surya tentang pemasaran produk pedagang. “Apa yang menjadi khas pedagang kami bisa dipasarkan di sini melalui PD Pasar Surya, kemudian barang dagangan khas di Surabaya juga akan pasarkan di sana melalui pedagang kami,” ujar Rudiansyah.

Sementara itu, kedatangan Habib Said Idrus Al Habsyi dan Rudiansyah ini juga diikuti Dewas Pengawas Perumda Pasar Bauntung Batuah, Dewi Okta Fitriani. Mereka diterima Direktur Utama PD Pasar Surya Agus Priyo dan Direktur Teknik Usaha Suhendro. Selain itu juga hadir Direktur Pembinaan Pedagang Taufiqurrahman dan Ketua Badan Pengawas (Bawas) Novy Ispinari. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here