Perumda Pasar Sewakadarma Studi Banding Pengelolaan Pasar ke PD Pasar Surya

0
136
Dari kiri: Direktur Keuangan PD Pasar Surya Sutjahjo, Direktur Teknik Usaha PD Pasar Surya Suhendro, Direktur Utama Perumda Pasar Sewakadarma IB Kompyang Wiranata, dan Direktur Utama PD Pasar Surya Agus Priyo.

SURABAYA – Perumda Pasar Sewakadarma Kota Denpasar melakukan kunjungan kerja ke Perusahaan Daerah (PD) Pasar Surya, Senin (3/10). Kunjungan tersebut dipimpin Direktur Utama Perumda Pasar Sewakadarma IB Kompyang Wiranata dan Ketua DPRD Kota Denpasar I Gusti Ngurah Gede.

Selain itu juga hadir dalam rombongan yakni Ketua Dewan Pengawas (Dewas) Perumda Pasar Sewakadarma I Wayan Konik Sudharma, serta I Made Sutapa (anggota Dewas). Kunjungan ini juga diikuti karyawan dari beberapa bagian di Perumda Pasar Sewakadarma.

Sedangkan dari PD Pasar Surya, rombongan tersebut diterima Direktur Utama Agus Priyo bersama Direktur Teknik Usaha Suhendro, dan Direktur Keuangan Sutjahjo. Selain itu juga hadir Ketua Badan Pengawas (Bawas) Novy Ispinari, Wisnu Bharata (anggota), serta beberapa kepala bagian dari PD Pasar Surya.

Direktur Utama Perumda Pasar Sewakadarma IB Kompyang Wiranata mengatakan tujuan kerja ke PD Pasar Surya adalah melakukan studi banding terhadap pengelolaan pasar tradisional. Pihaknya ingin mengetahui potensi apa saja yang bisa dikembangkan untuk menambah pendapatan perusahaan.

“Di Perumda Pasar Sewakadarma sudah dibuka peluang aneka usaha. Misalnya menjadi distributor, properti, atau usaha lain sepanjang berkaitan dengan perpasaran. Ini saya melihat di Surabaya ada hotelnya juga. Ini menarik,” katanya.

Ia menjelaskan kondisi pasar di Kota Denpasar hampir mirip dengan di Surabaya. Bedanya, Denpasar atau Bali lebih menonjol di bidang pariwisata. Pihaknya menggagas pasar juga akan menjadi bagian dari city tour.

“Kami melihat ada prospek di pasar kami sebagai city tour, yang kemungkinan bisa dikerjasamakan dengan perhotelan atau dilengkapi gedung bioskop,” terangnya.

Ia menceritakan pihaknya juga merancang penjualan online. Ia ingin sharing bagaimana teknis melakukan penjualan online itu dan bagaimana mendapatkan keuntungan.

Ia juga menjelaskan saat ini Perumda Pasar Sewakadarma telah memiliki beberapa unit bisnis, di antaranya bergerak di distribusi yg bekerja sama dengan daerah lain. “Sebab kami diberikan tugas untuk mengawal inflasi. Jadi kami harus mencari info berapa harga komoditas harga bahan pokok penting di daerah lain,” katanya lagi.

Sementara itu Ketua DPRD Kota Denpasar I Gusti Ngurah Gede menyatakan senang bisa studi banding ke Surabaya. Dijelaskan, pasar yang dikelola PD Pasar lebih banyak yakni 81 pasar. Sedangkan Perumda Pasar Sewakadarma 16 pasar.

“Kita ingin saling bertukar pendapat sehingga ada pandangan untuk memajukan perusahaan,” katanya.

Ia sepakat bahwa pasar harus masuk ke digital market. Sebab, masyarakat kini lebih dominan dengan serba online. Menurutnya, kecanggihan teknologi ini harus diikuti. Jika tidak, pasar tradisional terancam sepi, bahkan mati.

“Maka kecanggihan zaman dengan sistem online harus kita manfaatkan,” tambahnya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here