Wali Kota Eri Cahyadi Minta PD Pasar Surya Berkolaborasi dengan RPH

0
64
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi berfoto bersama dengan direksi dan Badan Pengawas PD Pasar Surya.

SURABAYA – Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menyatakan rencana Radio Pasar perlu ditularkan ke BUMD lain. “Itu bisa ditularkan ke PD (Perusahaan Daerah) Rumah Potong Hewan (RPH). Atau RPH bisa menjadi bagian di Radio Pasar itu,” katanya.

Selanjutnya, Eri Cahyadi meminta PD Pasar Surya dan PD RPH bisa berkolaborasi dalam pemenuhan sejumlah komoditi pangan. Misalnya, daging. RPH diminta memiliki usaha untuk membesarkan dan menggemukan sapi. Sehingga ketika harga daging naik, RPH menjadi solusi dengan memiliki harga daging yang stabil.

Kaitannya dengan itu, RPH bisa berkolaborasi dengan Pasar Surya. Yakni RPH memenuhi kebutuhan daging untuk para pedagang yang berada di bawah naungan PD Pasar Surya.

“Tanya ke pedagang ambil dagingnya dari mana, kualitasnya bagaimana, dan harganya berapa? Lalu RPH menyuplai daging itu dengan kualitas sama tapi bebas biaya pengiriman,” jelas Eri Cahyadi.

Mantan kepala Badan Perencanaan Pembangunan (Bappeko) Surabaya ini menambahkan jika kolaborasi itu bisa terealisasi, akan mendatangkan omzet yang besar.

Bahkan kerja sama model serupa bisa diterapkan untuk suplai sayur. Eri meminta PD Pasar Surya mendata kulakan sayur oleh pedagang dari mana, berapa harganya dan kualitasnya bagaimana. Selanjutnya PD Pasar Surya menyiapkan suplai sayur itu yang bekerja sama para petani dari kabupaten/kota lain.

“Nanti Pemkot Surabaya yang akan menjembatani. Pemkot yang akan kerja sama dengan kepala daerahnya, sedangkan PD Pasar Surya dengan para petaninya,” jlentreh Eri Cahyadi. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here