PD Pasar Surya Jajaki Sistem Pembayaran Elektronik

0
713
Direktur Pembinaan Pedagang PD Pasar Surya Taufiqurrahman bersama tim dari Go Pay saat sosialisasi sistem pembayaran secara elektronik.

SURABAYA – Perusahaan Daerah (PD) Pasar Surya berupaya membuat pelayanan transaksi jual beli antara pedagang dengan pembeli semakin mudah. Salah satu cara yang dilakukan adalah menjajaki pembayaran dengan sistem transaksi elektronik.

Langkah ini sudah mulai disosialisasikan di Pasar Blauran, Rabu (2/10) lalu. Dalam sosialisasi tersebut, PD Pasar Surya menggandeng pihak ketiga, Go Pay. “Tapi ini masih bersifat sosialisasi. Apakah pedagang mau menggunakan pembayaran sistem elektronik atau tidak, nanti keputusannya diserahkan ke masing-masing pedagang,” demikian ungkap Direktur Pembinaan Pedagang PD Pasar Surya Taufiqurrahman.

Ia menjelaskan pemakaian pembayaran elektronik memiliki banyak keuntungan. Selain mengikuti era kecanggihan teknologi yang kini sudah berbasis online, pembayaran elektronik memudahkan transaksi antara pedagang dengan pembeli.

Contohnya, dengan transaksi elektronik, semua pembayaran adalah cash. “Juga tidak perlu susuk (uang kembalian). Kan kadang ada pedagang yang bingung mencari uang untuk susuk,” terangnya.

Keuntungan lain, dengan pembayaran elektronik, seluruh transaksi pedagang bakal terekam atau tercatat dengan baik pula. Dengan pembayaran elektronik, otomatis seluruh transaksi juga akan tercatat secara elektronik. Sehingga pedagang bisa mengecek omzetnya secara online.

Tak hanya itu, sistem tersebut juga semakin memudahkan pedagang memasarkan barang dagangannya. Jika pedagang menggunakan sistem ini, selanjutnya pedagang bisa mendaftarkan barang dagangannya ke aplikasi tertentu. Misalnya Go Food atau Go Shop.

Dengan cara tersebut, calon pembeli juga akan mudah mencari barang yang dicarinya. Apalagi sekarang banyak pembeli atau konsumen juga mencari dan membeli barang lewat online.

“Jadi barang dagangan tetap laku, meski pembeli tidak datang ke pasar,” jabar Taufiqurrahman.

Lalu apa keuntungan bagi PD Pasar Surya? Ia menerangkan gagasan ini tujuan utamanya adalah bagaimana memberi pelayanan ke pedagang. PD Pasar Surya ingin seluruh pedagang di bawah naungan perusahaan daerah milik Pemkot Surabaya ini barang dagangannya laku atau terjual.

Taufiqurrahman yakin sebagai perusahaan daerah nantinya juga akan akan mendapatkan untung. Paling tidak, destinasi pasar menjadi lebih dikenal di masyarakat.

Misalnya, Pasar Blauran selama ini dikenal sebagai tempat kuliner dan pusat pedagang alat-alat pernikahan. Ketika banyak pedagang mendaftarkan diri di Go Good atau Go Shop, maka bila ada konsumen yang mencari tempat kuliner atau alat pernikahan secara online, otomatis Pasar Blauran akan muncul di aplikasi atau terdeteksi di Google.

“Itu keuntungan bagi PD Pasar Surya. Paling tidak masyarakat akan semakin mengenal bahwa pasar-pasar kita memiliki barang dagangan yang lengkap,” jelasnya.

Meski demikian, Taufiqurrahman kembali mengatakan bahwa hal ini masih dalam tahap sosialisasi. Jika pedagang antusias, tidak menutup kemungkinan akan dikembangkan ke pasar-pasar yang lain. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here