Komisi III DPRD Badung Kunjungan Kerja ke PD Pasar Surya

0
26

SURABAYA – Perusahaan Daerah (PD) Pasar Surya mendapat kunjungan kerja dari Komisi III DPRD Badung, Bali. Kunjungan kerja yang diikuti direktur utama dan badan pengawas Perumda Mangu Giri Sedana Kabupaten Badung itu dalam rangka studi banding pengelolaan pasar tradisional yang dikelola PD Pasar Surya.

Rombongan tersebut diterima Direktur Teknik Usaha Suhendro, Direktur Keuangan Sutjahjo dan Direktur Pembinaan Pedagang Taufiqurrahman.

Dalam pertemuan itu, Suhendro memberikan paparan tentang PD Pasar Surya yang merupakan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Pemkot Surabaya. Di antaranya, ia menjabarkan tentang beberapa profil pasar yang ikonik.

“Kami punya Pasar Bratang yang ikonik dengan pasar bunga, tanaman, barang-barang antik dan pasar burung. Ada pula Pasar Genteng yang ikonik sebagai pasar elektronik,” katanya.

Selain itu, pasar ikonik lainnya ada di Pasar Blauran yang terkenal dengan pusat kuliner. Ada pula Pasar Kembang yang menjadi pusat grosir jajanan di Surabaya, serta Pasar Pabean yang sangat khas sebagai pasar rempah dan pasar ikan.

Menurut Suhendro, di setiap pasar sebetulnya memiliki keunggulan masing-masing. Umumnya, ada kuliner di pasar yang sudah dikenal masyarakat. Khusus pasar yang dikelola PD Pasar Surya, ia menyebutkan di antaranya di Pasar Wonokromo, Pucang Anom dan Kapasan.

Ia juga menjelaskan tentang Pasar Tambahrejo dan Pasar Wonokromo yang terkoneksi dengan pusat perbelanjaan modern. Bahkan, khusus di Pasar Tambahrejo, ada pula hotelnya.

“Pasar Tambahrejo ini lengkap. Ada pasar tradisional, ada mal, juga ada hotelnya,” terang Suhendro.

Di sisi lain ia juga menjelaskan tentang program-program PD Pasar Surya untuk menumbuhkan perekonomian. Salah satu upaya itu adalah melakukan kerjasama dengan pihak perbankan dalam digitalisasi pembayaran dan penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR).

“Selain itu ada pula kerjasama CSR untuk perbaikan dan penyelenggaraan lomba pasar,” tambahnya.

Tak kalah penting, Suhendro menjelaskan bahwa PD Pasar Surya juga memiliki media komunikasi untuk sosialisasi program melalui Radio Pasar X-Channel. Tak hanya itu, pihaknya sedang melakukan pengembangan aplikasi e-commerce Pasar Surya online untuk membantu pedagang dalam memasarkan barang dagangannya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here