Ketersediaan Daging dan Telur Mencukupi, Harga Stabil

0
31
Menjelang Natal dan Tahun Baru, harga beberapa kebutuhan bahan pokok di Jatim masih stabil, khususnya daging sapi, daging ayam, dan telur ayam ras.

Surabaya – Memasuki pekan kedua Desember, menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru), harga beberapa kebutuhan bahan pokok di Jatim masih stabil. Khususnya daging sapi, daging ayam, dan telur ayam ras di berbagai pasar rakyat.

Harga daging sapi kualitas bagus rata-rata di kisaran Rp 108 ribu sampai Rp 109 ribu per kg. Sedangkan daging ayam ras rata-rata Rp 32-32.600/kg, daging ayam kampung Rp 60 ribu, dan telur ayam ras rata-rata Rp 23 ribu.

Kepala seksi Pemasaran Dinas Peternakan Prov Jawa Timur Yudi Henry mengatakan, ketersediaan berbagai bahan kebutuhan pokok seperti daging sapi, susu sapi segar, daging, dan telur ayam ras di Jawa Timur sangat cukup sehingga harga stabil.

Menurut data dari Siska Perbapo Disperindag Jawa Timur dan hasil pantauan di Pasar Surabaya, harga pangan lainnya masih relatif terkendali seperti beras, tepung terigu, gula pasir, sayur mayur dan minyak goreng tetap stabil.

Komoditi seperti beras, untuk beras medium, IR 64 sekitar Rp 9.500/kg, Mentik angi Rp 11.000/kg dan Bengawan Rp 11.500/kg. Kemudian minyak goreng Rp 13.000/kg, dan gula pasir rata-rata Rp 12.000/kg, bawang merah rata-rata Rp 27.000/kg, bawang putih sinco Rp 25.000/kg, cabe merah keriting rata-rata Rp 24.000/kg, cabe merah biasa Rp 20.000/kg dan cabe rawit merah Rp 30.000/kg.

Karena itu, Yudi mengimbau masyarakat tidak perlu cemas dengan ketersediaan bahan pokok di pasar. Pembelian sembako dalam jumlah besar pun sebaiknya dihindari. “Jangan sampai ada panic buying,” katanya. (*)

Sumber: radarsurabaya.jawapos.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here