Pasar Bratang

Ingin wisata dengan suasana berbeda? Datang saja ke Pasar Bratang. Lokasinya di belakang Terminal Bratang, atau di sebelah barat Polsek Gubeng, Surabaya.

Masih bingung? Pasar Bratang ini berada di belakang Taman Flora (dulunya bernama Kebun Bibit), tepatnya di Jalan Bratang Binangun, Kelurahan Barata Jaya, Kecamatan Gubeng. Nah, sekarang sudah tahu kan?

Ada apa di Pasar Bratang? Di sini menyimpan potensi wisata yang menarik dikunjungi. Sebab di Pasar Bratang memiliki dua ciri khas, yakni

dikenal sebagai pasar burung, juga terkenal sebagai pasar bunga. Karena itu, Pasar Bratang ini kadang ada yang menyebutnya Pasar Burung Bratang, ada pula yang mengatakan Pasar Bunga Bratang.

 

PASAR BURUNG

Pasar Burung Bratang

Di pasar sini pengunjung akan menemukan bermacam-macam burung yang bisa dipelihara. Pengunjung dapat pula menikmati bermacam-macam kicauan burung itu. Harga burungnya pun bervarisi, tergantung jenis burungnya. Dan dengan seiring perkembangannya, di sini juga ada ikan hias dan beberapa hewan lain.

Pasar yang telah berdiri sejak tahun 1980-an. Di sinilah jual-beli burung peliharaan terjadi. Tetapi, pasar tersebut juga sering dijadikan ajang bertemu para kolektor-kolektor burung baik dari Surabaya atau luar kota. Mereka datang ke pasar ini bertemu kolega untuk sekadar sharing tentang hobi pecinta burung yang mereka geluti.

 

PASAR BUNGA

Pasar Bunga Bratang

Pasar Bunga Bratang terletak di sisi barat pasar burung. Awalnya pasar ini hanya dihuni hanya lima penjual dari Pasar Bunga Kayoon. Tapi kini pasarnya makin berkembang.

Sekarang, pasar ini sudah bersolek. Kebersihannya sangat dijaga. Tentu saja, hal ini untuk membuat nyaman para pengunjung yang ingin membeli bunga atau sekadar melihat keindahan berbagai bunganya.

Sepintas, pasar ini tampak seperti sebuah pasar bunga biasa. Sebab, di stan-stan pedagang terdapat beragam tanaman hias yang tersusun rapi, dan bunga-bunga yang cantik dan harum. Tapi jika berkunjung ke sini, dengan tanaman yang beranekaragam, sebetulnya masyakarat bisa juga berekreasi.

Pada dasarnya, pasar ini buka 24 jam. Hari-hari biasa ramai, dan semakin lebih ramai lagi saat akhir pekan.

Pasar Bunga Bratang adalah pasar yang lengkap. Bermacam-macam bunga tropis yang indah dan menarik dapat Anda peroleh di sini. Bahkan, bila tidak berbelanja pun, pengunjung dapat menikmati pemandangan yang berbeda.

Beberapa tanaman yang dijual, antara lain palm phoenix, camadorea, pinang merah, mawar jambi, dan beberapa tanaman hias lain. Ada pula tanaman jenis perdu lainnya.